Sunday, August 20, 2017

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo - Sejak tahun 2000 an budidaya ikan lele dumbo menjadi peluang perjuangan primadona yang cukup menjanjikan. Ikan lele dumbo dikenal memiliki gizi yang tinggi dengan kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak, itulah karena nya ikan lele dumbo menjadi salah satu alternative sumber protein hewani selain daging.

Ikan lele dumbo terbilang sangat mudah dibudidayakan, terdapat beberapa keunggulan yang dapat diambil dari budidaya ikan lele dumbo, karena itu budidaya ikan lele dumbo menjadi salah satu peluang perjuangan yang cukup diminati. Selain fasilitas dalam budidaya, hasil dan pemasaran yang mudah menjadi alasan lain mengapa peluang perjuangan ini menjadi salah satu primadona  di Indonesia.
Berikut ini saya berikan beberapa keunggulan dalam budidaya ikan lele dumbo, sebagai berikut :

  • Ikan lele dumbo mampu dibudidayakan walaupun sumber air yang tersedia sangat minim, karena ikan lele dumbo ini mampu bertahan hidup meskipun dalam keterbatasan air.
  • Ikan lele dumbo mampu dibudidayakan pada lahan yang tidak begitu luas dan terbatas.
  • Ikan lele dumbo mampu berkembang biak dengan baik meskipun dibudidayakan dalam kepadatan yang tinggi.
  • Ikan lele dumbo mudah sekali untuk dibudidayakan meskipun oleh pemula
  • Ikan lele dumbo menjanjikan keuntungan yang lumayan dan modal yang dikeluarkan tidak begitu besar.
  • Ikan lele dumbo mudah sekali dalam segi pemasarannya untuk bibit ataupun hasil panen dari ikan ini.

Berdasarkan beberapa pertimbangan diatas, patutlah budidaya ikan lele menjadi peluang perjuangan yang banyak diminati sebagian orang. Bahkan dalam budidayanya anda mampu memanfaatkan lahan yang ada menyerupai pekarangan rumah anda.  Tempat budidaya ikan lele mampu juga tidak berupa kolam, tetapi anda mampu membuat kolam buatan dengan cara membuat pagar bambu dan menggunakan terpal untuk dijadikan kolam. Selain itu pembenihan ikan lele dumbo mampu dilakukan pda kolam tanah , bak, ataupun kolam plastik. Nah berikut Analisa modal yang diperlukan untuk memulai perjuangan budidaya ikan lele dumbo

Baca Juga : Baca Juga : Cara Menanam Tomat Yang Baik Dan Benar Agar Panen Melimpah

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo
Contoh Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal

Analisa Modal Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo


1. Modal Tetap

a.  Biaya 1 buah kolam terpal ukuran 5x3x1m : @Rp. 4000.000,- = Rp. 400.000,-
b. Biaya Bambu 4 x @Rp. 100.000,-Jumlah = Rp. 400.000,-

2. Biaya Produksi

a. Biaya Bibit lele 3000 ekor @Rp.1000,- = Rp. 3000.000,-
b. Biaya Pakan ikan = 200kg x 10.000/kg = 2.000.000
Jumlah modal yang diperlukan = Rp. 5.800.000,-

3. Analisa Keuntungan dan Perkiraan Hasil Panen Ikan Lele Dumbo :

  • Persentase janjkematian ikan 20 % = 600 ekor
  • 3000 ekor – 600 ekor = 2.400 ekor
  • Besar ikan lele konsumsi 6 - 7 ekor/kg
  •  Hasil panen 1 kolam = 2.400 ekor : 6 = 300 kg x Rp. 17.000,- = Rp.4.600.000,-

4. Pemasukan Panen ikan Lele Dumbo   Rp. 4.600.000,-

5. Keuntungan Budidaya ikan lele dumbo

  • Panen pertama = 4.600.000 – 2.640.000 (biaya produksi) = Rp. 960.000,-
  • Keuntungan panen selanjutnya = 3.600.000 – 2.640.000 = Rp. 1.380.000,-
  • Ikan lele siap panen berumur 3 bulan,


Jika anda ingin budidaya ikan lele dumbo ini dilakukan dalam kolam tanah, sebaiknya sebelum pemakaian, kolam ini harus dikeringkan terlebih dahulu selama 2-3 hari dan biarakan dibawah terik matahari, tujuannya untuk mematikan hama atau penyakit yang ada, bahkan bila perlu untuk menaburkan kapur pertanian pada kolam sebelum digunakan, hal ini bertujuan untuk menaikan pH dan membebaskan kolam dari penyakit.

Untuk menumbuhkan pakan alami dalam kolam anda mampu menaburkan pupuk bokasi dengan menggunakan dosis 400-500 gr/m2, pupuk ini bertujuan untuk menumbuhkan plankton sebagai pakan alami ikan lele dumbo. Atau anda juga mampu menempatkan karung berisi pakan yang sudah difermentasikan disetiap sudut kolam dengan posisi terendam air.  Setelah itu biarkan kolam selama 3-4 hari dengan direndam air setinggi 70-100 cm, biar pakan alami ikan lele dan pH dapat terkondisikan.

Baca Juga : Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Yang Menguntungkan

Setelah persiapan kolam ikan lele dumbo ini anda juga harus memperhatikan bibit atau benih yang baik untuk memulai budidaya ikan lele dumbo ini. adapun beberapa kriteria bibit dan cara penyebaran benih yang harus diperhatikan sebagai berikut :

  • Benih yang akan ditaburkan haruslah ber kondisi sehat, tidak cacat dan memiliki ukuran yang seragam.
  • Waktu untuk penaburan benih sebaiknya dilakukan pada dikala pagi atau sore hari, karena pada dikala ini suhu dari air rendah dan waktu ini merupakan waktu yang sangat tepat.
  • Untuk menghindari stress, berikan adaptasi terlebih dahulu sebelum benih ini disebarkan, caranya tempatkan benih pada kantong plastic dan biarkan terapung dalam kolam dan kemudian buka kantong plastic dan berikan air sedikit demi sedikit hingga suhu air dalam plastic sama dengan suhu air dalam kolam.
  • Setelah itu biarkan benih keluar dengan sendirinya dari dalam plastic.

Seperti itulah peluang perjuangan budidaya ikan lele dumbo yang harus anda perhatikan untuk menerima hasil panen yang melimpah. Semoga bermanfaat.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous