Wednesday, August 16, 2017

Prospek Peluang Usaha Jamur Tiram Tahun 2016

usahacerdas.com - Kembali saya hadir menunjukkan sejumlah gosip  mengenai peluang perjuangan jamur tiram tahun 2016 yang menjanjikan hasil dan prospek kedepannya. Untuk pembahasan kali ini saya akan coba menunjukkan sebuah gosip mengenai “ prospek peluang perjuangan jamur tiram  tahun 2016“. Banyak yang harus kita tinjau untuk memulai sebuah perjuangan jamur tiram, mulai dari modal usaha, serta pengetahuan anda mengenai proses pembuatan jamur tiram. Langsung saja ya dengan pembahasan yang pertama ihwal modal perjuangan jamur tiram :

Peluang Usaha Jamur Tiram Tahun 2016
Peluang Usaha Jamur Tiram Tahun 2016


Analisa Modal Usaha Jamur Tiram Tahun 2016


Bicara ihwal modal perjuangan jamur tiram, modal yang biasa dikeluarkan untuk memulai perjuangan jamur tiram tersebut biasanya beraneka ragam, diubahsuaikan dengan besar nya dan banyak nya perjuangan yang akan anda buat nanti nya. Saran saya, lakukanlah pengeluaran modal perjuangan jamur tiram anda secara bertahap. Selain pengeluaran modal yang tidak mencekik kantung dompet anda, pengeluaran modal perjuangan jamur tiram yang dilakukan secara bertahap akan membuat pelaku usah dengan modal kecil, tidak merasa kebaratan.

Modal perjuangan jamur tiram bila dikalkulasikan secara global akan terasa terhitung besar sekali. Perhitungan ini dilihat dari, daerah usaha, rak – rak jamur tiram , plastik, pupuk, dan banyak lagi yang lain nya. Oleh alasannya yakni itu, modal perjuangan jamur tiram yang dilakukan secara bertahap, akan membantu sekali pelaku perjuangan jamur tiram denagn modal yang tidak besar atau kecil. berikut analisa modal perjuangan jamur tiram

Baca Juga : Peluang Usaha Peternakan Yang Potensial dan Menjanjikan


Pengeluaran Modal Awal Usaha Jamur Tiram

1.       Biaya pemblian Baglog  1000 baglog  x Rp 5.0000           Rp 5.000.000
2.       Biaya Sewa lahan sangkar ukuran 5 x 5 m  untuk 4 - 5 bulan     Rp 1.000.000
3.       Biaya Sewa  peralatan listrik, air, dan lain-lain selama 4 - 5bulan   Rp 1.000.000
4.       Ongkos tenaga kerja 1 orang  perbulan Rp 500.000 x 4 bulan   Rp  2.000.000
5.       Biaya lain-lain   Rp     500.000

Total jumlah Modal yang Harus di Siapkan    Rp  9.500.000

B. Perkiraan Pemasukan Usaha Jamur Tiram

1. kegagalan persentase baglog jamur tiram 5 % dari 1.000 jumlah 950 buah
2. perkiraan hasil panen jamur tiram = ( hasil panen rata-rata Selama 4 – 5 bulan pemeliharaan  x jumlah log yang hidup ) x Harga perkilo ditingkat petani
 = (0,5 kg/log  x 950 log ) x Rp 25.000/kg
=  475 kg  X  Rp 25.000,-/kg
=  Rp 11.875.000,-

C.  Total keuntungan bersih selama 4 bulan

Jumlah Total hasil panen  -  Jumlah Total Modal  =   Rp. Rp 11.875.000 –  Rp 9.500.000
Total Keuntungan Bersih  usaha jamur tiram   =   Rp 2.375.000,-

Budidaya Jamur Tiram
Jamur tiram, jamur yang dahulunya banyak ditemukan di hutan, ladang, dan perkebunan. Jamur tiram mempunyai tekstur warna putih bersih. Jamur tiram banyak tumbuh di pepohonan yang sudah mati, yang banyak mengandung kadar air dan mempunyai suhu yang dingin.
Proses Pembuatan Jamur Tiram Yang Benar

Pembuatan Tempat / Kumbung
Kumbung diperuntukan untuk budidaya jamur tiram, kumbung yang dibuat dengan meninjau kemampuan kelembaban dan suhu udara, semoga proses pertumbuhan jamur tiram kelak nantinya akan maksimal. Didalam kumbung biasanya dibuat rak – rak yang digunakan sebagai daerah peletakan baglog jamur tersebut.

1. Kumbung, biasanya terbuat dari bambu atau kayu papan, dengan dinding yang terbuat dari kayu papan dan gedek. Untuk atap lumbung, gunakan atap lumbung yang dapat menahan panas dari sinar matahari. Untuk itu gunakanlah genteng sebagai atap rumah kumbung jamur tiram anda. selain atap, usahakan semoga lantai didalam kumbung menggunakan media tanah, karena lantai tanah sangat cantik menyimpan suhu dan kelembapan udara didalam kumbung.

2. Rak, pembuatan rak didalam kumbung berfungsi sebagai daerah tatakan baglog jamur tiram semoga tumbuh secara maksimal. Buatlah jalan lorong berukuran 50 cm untuk mempermudah anda merawat jamur tiram itu sendiri. Pembuatan skema rak juga diubahsuaikan dengan banyak produksi jamur tiram yang anda buat nanti. Biasanya rak dibuat dengan 3 – 4 ssusun, dengan lorong / jarak 50cm rak dapat menampung 80 – 100 baglog jamur tiram.

Baca Juga : Budidaya Belut, Peluang Usaha Menjanjikan di Tahun 2016

Membuat Baglog Jamur Tiram
Baglog yakni media tanam jamur tiram yang terbuat dari serbuk gergaji kayu yang halus yang dimasukan kedalam plastik berukuran 1 -2 kilo. Baglog berbentuk silinder dengan ujung plastik diberi lobang, bertujuan untuk mempermudah proses penanaman jamur tiram itu sendiri.
Perawatan Jamur Tiram

1. Susun baglog jamur diatas rak, ujung plastik yangsudah ditanam bibit jamur ujung nya biarkan tertutp dan diamkan selama 7 hari. Lakukan penyiraman secara teratur, sesuaikan dengan suhu daerah anda tinggal.

2. Setelah jamur berusia minimal 4 hari, buka ujung plastik pada baglog dan lakukan penyiraman pada media lantai jamur saja. Jaga suhu pada lumbung dengan kisaran suhu antara 18 – 25 ‘C.

Proses Pemanenan Jamur Tiram
Pemanenan jamur tiram yang baik yakni ketika daun jamur tiram sudah mekar benar, jangan hingga telat memanen supaya jamur anda tidak busuk. Biasanya proses panen pertama jarak nya antara 2 -3 ahad pertama.

Sekian dulu pembahasan mengenai “ Peluang Usaha Jamur Tiram “ semoga pembahasan tersebut dapat membantu anda untuk melaksanakan perjuangan budidaya jamur tiram, terima kasih dan semoga anda menjadi sukses.

Prospek Peluang Usaha Jamur Tiram Tahun 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous