Friday, August 18, 2017

Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Yang Menguntungkan

usahacerdas.com - Ikan mas ialah jenis ikan air tawar yang dapat di budidayakan untuk aneka macam peluang usaha. Banyak dari masyarakat kita yang menimbulkan ikan mas selain untuk masakan kuliner, ikan mas sangat rupawan untuk dibudidayakan. Daging ikan mas mempunyai cita rasa yang cukup tinggi sehingga banayak disukai oleh lapisan masyarakat negeri ini. Ikan mas mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat sehingga menjadi salah satu keunggulan dari ikan mas ini.

Ikan mas juga mempunyai nama yang berbeda tergantung dimana ikan mas tersebut hidup, antara lain yaitu Ikan mas kancra, Ikan mas tikeu, Ikan mas tombro, Ikan mas raja, Ikan mas rayo, dan banyak yang jenis Ikan mas lainnya. Ikan mas merupakan jenis spesies ikan air tawar yang tergolong dalam famili Cyprinidae, sub ordo Cyprinoidea, Ordo Ostariophysi sub kelas Teleostrei. Diantara banyaknya jenis ikan air tawar, ikan mas merupakan jenis ikan yang paling popular dan paling banyak digemari oleh masyarakat. Di zaman modern serba canggih ini banyak sudah dilakukan  persilangan jenis ikan mas antara lain Ikan Mas Merah, Kumpai,Si Nyonya, Taiwan, Kaca, Majalaya, dan banyak lagi yang lainnya.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Yang Menguntungkan



Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas
Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas

Analisa Modal Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas


1. Rincian Modal
  1. Pembelian benih Ikan Mas  1000 ekor @ Rp. 20.000,-  Rp. 20.000.000,-
  2. Pembelian Pakan 10.000 kg x Rp. 5.000,-                     Rp. 50.000.000,-
  3. Biaya Operasional                                                          Rp.   5.000.000,-
  4. Upah Tenaga Kerja                                                        Rp.   1.500.000 (+)

Jumlah  Modal Yang dibutuhkan                                                 Rp. 76.500.000,- -

2. Pendapatan Budidaya Ikan Mas
Pendapatan ikan mas dikalkulasikan dari jumlah benih ikan mas dan dikali dengan bobot rata-rata mencapai 5 kg selama 3 bulan, adapun hara jual ikan mas per kilogram ialah @Rp. 15.000 maka taksiran penghasilan budidaya ikan mas ialah
1 kg berjumlah 3-4 ekor dengan harga satuan Rp. 15.000,-/kg Maka, 6.860 kg x Rp. 15.000,-/kg  = Rp. 102.900.000,-

3. Keuntungan Budidaya Ikan Mas
  1. Pendapatan selama 3 bulan                                            Rp. 102.900.000,-    
  2. Biaya Pengeluaran                                                          Rp.   73.500.000,- (-)
  3. Total Keuntungan selama 3 bulan   ialah                              Rp.   29.400.000,-    

Jika dihitung dalam per bulan, maka total keuntungannya dalam 1 bulan berjumlah : Rp. 9.800.000,- 

Syarat – Syarat Budidaya Ikan Mas

Ikan mas banyak hidup di perairan sungai, danau dan genangan air yang berada pada ketinggian 160-800m dpl, dengan suhu air berkisar 25 derajat hingga 20 derajat celcius. Ikan mas termasuk  pemakan segala ( Omnivora ) sehingga di alam bebas makanan ikan mas berupa, lumut, serangga, cacing dan lain – lain. Untuk pelaku peluang perjuangan ikan mas model budidaya lingkungan pemeliharaan ikan mas dibuat dengan mirip bentuk alam aslinya.

Dibawah ini beberapa pola alam buatan untuk pemeliharaan ikan mas, antara lain : dalam bak air deras,  dalam kantong jaring apung,kolam beton, bak tanah dan banyak lagi yang lain nya  tergantung lokasi dan dana yang teman punyai. 

Jenis makanan dalam budidaya ikan mas juga beraneka ragam mulai dari tunjangan pakan alami hingga tunjangan pelet buatan pabrik. kualitas air pada media untuk budidaya ikan mas menjadi sangat penting mirip PH air yang harus berada pada kisaran 5-8, kandungan oksigen yang cukup dan bebas dari kandungan berbahaya mirip zat limbah dan zat kimia. Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pembesaran ikan mas dengan alam buatan tentunya.

Pembesaran Ikan Mas yang lakukan di Keramba Jaring Apung
Pembesaran Ikan Mas dapat dilakukan di keramba Jaring Apung yang biasa dipasang di perairan umum. Pemilihan lokasi penempatan jaring dalam perairan akan sangat menunjang berhasilnya proses produksi ikan mas. Beberapa pola perairan yang sempurna antara lain ialah air bergerak dengan arus terbesar.

  1. Penempatan jaring dapat dipasang sejajar dengan arah angin, tubuh air cukup besar dan luas sehingga dapat menjamin kualitas air, kedalaman air minimal dapat mencapai jarak antara dasar jaring dengan dasar perairan 1,5 meter, kualitas air mendukung pertumbuhan iakan mas. Satu unit Keramba Jaring Apung terdiri empat set kantong dan satu set terdiri dari dua lapis kantong Bagian tubuh kantong jaring yang masuk kedalam air 2,5 hingga 3 meter.
  2. Kerangka jaring terbuat dari besi atau bambu dan pelampung berupa drum. Bahan kantong jaring terbuat dari benang Polietilena.
  3. Pemberian pakan minimal dua kali per hari. Sedangkan cara tunjangan pakan semoga efektif disarankan menggunakan waring dengan mesh size 2 mm berbentuk persegi empat seluas 1 smpai 2,5 m2. Waring ini di pasang di dalam tubuh air kantong jaring pada kedalaman 20 hingga 50 cm dari permukaan air.
  4. Dengan penebaran bibit seberat 350 kg dalam waktu 4 bulan akan menghasilkan ikan mas konsumsi 1.0 hingga 2 ton.

Pembesaran Ikan Mas Di Kolam Air Deras
Pemeliharaan ikan mas di bak air deras harus mempunyai lokasi bersahabat dengan sumber air (sungai, irigasi, dan lain-lain) dengan pemikiran air yang memungkinkan air bak dapat dikeringkan dengan cara gravitasi, kualitas air yang digunakan berkualitas baik dan tidak tercemar Bentuk bak air deras bermacam macam antara lain : bisa segitiga, lingkaran maupun oval. Ukurannya bervariasi diadaptasi dengan lahan dan kemampuan modal anda.

  1. Kolam air deras umumnya berukuran 50-100 m 2 dengan kedalaman rata-rata 1,0 – 2,0 meter. Dinding bak harus berkontruksi tembok atau lapis papan.
  2. Dasar bak harus memungkinkan tidak terjadi dimana kotoran mengendap. Oleh sebab itu kemiringan bak harus sesuai (sekitar 3– 7 %).
  3. Tebar bibit ikan ukuran 100 -150 gram/ ekor sebanyak 15 – 20 kg /m3 air kolam. Pakan yang diberikan sebanyak 5% /hari. Waktu pakan ikan mas pemberiannya 3 kali/hari.

Demikian ialah beberapa pola gambaran kalau anda ingin melaksanakan peluang perjuangan budidaya ikan mas, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat, salam sukses.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous